Tuhan SelaLu Mempunyai Rencana Indah, MeLebihi Apa Yang Kita Bayangkan.. PercayaLah, masa itu PASTI Kan datang..

Rabu, 17 April 2013

Membina Hubungan yang Sehat

Membina hubungan dengan lawan jenis terkadang susah-susah gampang. Disaat anda sedang jatuh cinta, dunia serasa milik berdua dan apa pun masih dilakukan untuk pasangan. Seiring waktu, pastinya ada hal-hal yang akan berubah, ada saat dimana anda lebih menuntut pada pasangan atau sebaliknya, adanya pertengkaran, penyesuaian satu sama lain, dll. Apabila anda sedang membina hubungan dengan pasangan maka tentunya anda menginginkan hubungan yang sehat dan juga bertahan bukan?

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membina hubungan yang sehat bukan saja dari kedua belah pihak namun juga untuk diri sendiri.

1. Hal pertama yang dapat diperhatikan untuk membina hubungan yang sehat adalah anda dapat belajar untuk mengontrol emosi. Mengontrol emosi disini bukan berarti anda tidak menunjukkan emosi sama sekali; tetapi lebih kepada melatih kesabaran dan kesadaran diri sehingga tidak melimpahkan amarah atau kekesalan yang berlebihan pada pasangan. Segala sesuatu masalah yang terjadi dalam hubungan sebaiknya diselesaikan dengan kepala dingin dan bukan perang mulut. Dibutuhkan penyesuaian kedua belah pihak untuk tetap dapat membina hubungan.

2. Melatih kesadaran diri merupakan satu hal lainnya yang harus ditumbuhkan. Disini anda akan memiliki penguasaan atas pikiran, emosi, persepsi dan perilaku. Dengan begitu, apa pun keputusan yang anda lakukan sepenuhnya tidak dipengaruhi oleh orang lain dan ini juga dapat mengurangi resiko untuk anda membuat pilihan yang buruk baik dalam ucapan, pemikiran, mau pun perbuatan.

3. Belajar untuk mempercayai pasangan anda. Dengan siapa pun anda berteman atau pun membina hubungan, rasa percaya itu harus dibina. Dengan ini anda dapat membina hubungan yang lebih baik; bahkan anda tidak akan mengalami kendala apabila suatu saat anda memiliki hubungan jarak jauh. Perlu diingat juga bahwa untuk mendapatkan kepercayaan dari pasangan, bahkan anda sendiri juga harus dapat dipercaya.

4. Pahamilah arti dari suatu hubungan yang ideal. Jika anda berpikir bahwa dalam suatu hubungan yang ideal adalah tidak pernah bertengkar atau pun tidak ada kesalahpahaman, maka anda salah besar. Suatu hubungan yang sehat dan ideal adalah hubungan yang terjaga dengan baik dan dapat menghindari atau mengatasi kesalahpahaman dengan cara yang cerdas.

5. Komunikasikan perasaan anda pada pasangan. Mengapa ini menjadi salah satu langkah untuk hubungan yang sehat? Mungkin anda mengharapkan pasangan menanggapi sesuatu hal dengan cara yang anda inginkan, namun tidak terlaksana seperti yang anda harapkan. Pernah mengalami hal ini? Maka perlu anda sadari bahwa tidak ada orang yang bisa membaca pikiran anda sepanjang waktu. Jadi tidak mungkin pasangan tahu dengan pasti alasan anda marah atau pun bersikap aneh dengan tiba-tiba. Anda perlu melakukan komunikasi pada pasangan; apa yang anda rasakan. Menjadi ekspresif dapat membuat hubungan anda menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

6. Milikilah kesabaran terhadap pasangan. Memang tidak mudah untuk menyatukan dua orang dengan pemikiran yang berbeda. Kesabaran adalah salah satu hal yang penting untuk diingat dalam membina hubungan yang ideal. Anda harus memberikan waktu dan bersabar; cobalah untuk menjaga diri agar tetap tenang apabila terjadi argument. Apabila anda berdua saling ngotot, pastinya akan lebih sulit untuk mencari solusi.

7. Memberikan kejutan pasangan. Anda tidak perlu memberikan kejutan sepanjang waktu. Anda dapat membuat hari khusus untuk merencanakannya. Namun bisa saja tiba-tiba, namanya juga kejutan bukan? Kejutan tidak selalu berupa hadiah mahal; anda dapat memberikan bunga, membuat makanan favorit, atau pun mempelajari sesuatu kegiatan yang juga disenangi oleh pasangan.

8. Belajar untuk menerima beberapa kesalahan dari pasangan anda. Hal ini sangat biasa terkadang orang bisa melakukan kesalahan dalam hidupnya. Jangan mencoba untuk menilai pasangan anda. Setiap orang memiliki dua sisi baik dari sisi negative mau pun positif. Demikan juga hal nya dengan diri anda sendiri dan kedua sisi itu lah yang membentuk pribadi dan karakter seseorang. Namun tentunya untuk sebuah hubungan yang sehat, anda dapat menilai sendiri hingga sejauh mana anda dapat menerima kesalahan dari pasangan.

Apabila anda dan pasangan merupakan pasangan yang dapat saling mengisi maka mungkin ini dapat menjadi pilihan yang tepat, maka tentunya anda akan dapat melanjutkan hubungan yang sedang dibina.  Ya, tidak semuanya hubungan dapat berjalan dengan mulus dan sesuai dengan yang diinginkan. Di saat anda dapat menerima segala kekurangan dan kelebihannya, demikian juga sebaliknya maka mungkin dia lah yang terbaik buat anda.

0 komentar:

Posting Komentar

click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text